Jumat, 11 Oktober 2013

HTML5


HTML5 adalah versi terbaru dan penyempurnaan dari HTML sebelumnya yang dibuat oleh World Wide Web Consortium, World Wide Web Consortium adalah badan yang mengatur dan mengembangkan teknologi-teknologi yang dipakai sebagai basis utama web, seperti  URL (Uniform Resource Locator), HTTP (Hypertext Transfer Protocol), dan HTML (HyperText Markup Language).

HTML sendiri diciptakan pertama kali pada tahun 1990, kemudian versi terakhir sebelum muncul HTML5 adalah HTML versi keempat yang diciptakan pada tahun 1997. Hingga bulan Juni 2011 HTML5 terus dalam pengembangan, pengembangan yang paling utama adalah memperbaiki teknologi HTML agar dapat mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca manusia dan juga dapat dengan mudah dimengerti dengan mesin.

Pada tahun 2011 juga, HTML5 resmi dirilis sepenuhnya dan programer mulai menulis dan menggunakannya, seluruh browser paling populer saat ini seperti Chrome, Safari, Firefox, Internet Explorer dan Opera dapat mendukung HTML5. Pada HTML5, CSS3 sudah dapat bekerja walau masih dalam tahap pengembangan.

HTML5 membuat proses coding menjadi lebih logis dan mudah, kemudian terdapat fitur-fitur unik yang mengesankan dari HTML5 yang datang dari dalam departemen multimedia. Fitur-fitur tersebut dibuat dengan pertimbangan bahwa pengguna dapat menjalankan konten yang berat dengan menggunakan device dengan tenaga atau spesifikasi yang rendah.

HTML5 dibuat karena versi sebelumnya yaitu HTML 4.01 sukses besar dan konon merupakan versi yang terbaik. Untuk menggunakan HTML5 ada baiknya anda menguasai HTML vers 4.01, jika anda sudah mahir barulah pindah ke HTML5.

Referensi:
http://www.mattjunior.com/2013/05/pengenalan-html-5-apa-itu-html-5-dan-apa-fitur-yang-baru-di-html-5/
http://id.wikipedia.org/wiki/HTML5
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsortium_Waring_Wera_Wanua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar