Selasa, 10 Juni 2014

Komputasi dan Parallel Processing

Komputasi
         Komputasi bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur. Namun sekarang kebanyakan komputasi sudah dilakukan dengan menggunakan komputer, ini disebabkan karena kebutuhan komputasi semakin besar dan data yang akan diolah juga semakin besar. Komputasi mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan biasanya diterapkan pada simulasi komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang.


Parallel Processing
         Komputasi paralel adalah teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen. Dengan kata lain, menggunakan beberapa komputer atau beberapa prosesor secara bersamaan untuk menjalankan sebuah instruksi secara bersamaan. Satu buah masalah akan dibagi menjadi beberapa bagian untuk kemudian dikerjakan oleh masing-masing prosesor. Hal ini bertujuan agar komputer lebih cepat dalam bekerja dan menyelesaikan sebuah masalah.
         Dahulu komputasi paralel hanya dapat ditemukan pada super computer yang digunakan ilmuan untuk melakukan penilitian. Saat ini, komputasi paralel sudah banyak digunakan oleh masyarakat, rata-rata komputer keluaran terbaru saat ini sudah menggunakan multi-core atau menggunakan lebih dari satu inti prosesor, penggunaan multi-core tersebut menggunakan prinsip dari komputasi paralel. Namun tentu saja komputer yang menggunakan multi-core saat ini tidak bisa disebut sebagai super computer karena super computer memiliki many-core atau memiliki ribuan inti prosesor.


Hubungan Komputasi Modern dengan Parallel Processing
         Komputasi modern dan komputasi paralel tentu saja memiliki keterkaitan. Teori komputasi digunakan untuk menjalankan komputasi paralel, karena tujuan dari komputasi paralel adalah untuk mempercepat kinerja dari komputasi itu sendiri. Karena penggunaan komputer saat ini atau komputasi dianggap lebih cepat dibandingkan dengan penyelesaian masalah secara manual. Dengan begitu peningkatan kinerja atau proses komputasi semakin diterapkan, dan salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kecepatan perangkat keras. Dimana komponen utama dalam perangkat keras komputer adalah processor. Sedangkan parallel processing adalah penggunaan beberapa processor (multiprocessor atau arsitektur komputer dengan banyak processor) agar kinerja computer semakin cepat.


Komentar:
Komputasi paralel adalah bukti bahwa terus berkembangnya teknologi komputer karena adanya kebutuhan yang terus bertambah akan kecepatan sebuah komputer. Banyak faktor yang menjadikan kecepatan sebagai hal yang paling penting dalam sebuah komputer, seperti banyaknya data yang diolah, kebutuhan untuk penilitian sains seperti simulasi hormon pada tubuh manusia, dan juga salah satunya game. Saat ini para perusahaan pembuat game terus berusaha untuk membuat game yang memiliki gambar yang hampir sama dengan dunia nyata. Untuk merealisasikan itu, dibutuhkan prosesor multi-core dan juga kartu grafis yang baik. Namun untuk teknologi secanggih itu, juga diperlukan biaya yang mahal untuk memilikinya, sebuah kartu grafis keluaran Nvidia, yaitu GTX titan memiliki harga mencapai 32 juta rupiah.

referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_paralel
id.wikipedia.org/wiki/Teori_komputasi
id.wikipedia.org/wiki/komputasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar